7 Rekomendasi Oli Yang Bagus Untuk Motor Matic – Moladin

3 min read


Pengguna skutik kian menjamur di Indonesia. Namun tak semua mengetahui oli yang bagus untuk motor matic. Padahal pelumas sangat berperan penting menjaga mesin tetap dalam kondisi terbaik.

Seperti diketahui oli merupakan salah satu komponen penting untuk menunjang performa kendaraan. Fungsi utama oli ialah untuk melumasi kerja mesin, agar tidak bergesekan langsung satu sama lain.

Tak sebatas itu saja, oli juga berperan penting untuk menjaga mesin tetap dingin. Terutama fungsi pendingin ini terasa efeknya, ketika kendaraan digunakan di jalanan lalu lintas padat, serta perjalanan jauh.

Oleh karena itu, penting rasanya untuk memilih oli terbaik untuk motor matic. Supaya perjalanan kalian dapat berkendara dengan lancar dan nyaman.

Nah, yang perlu kalian perhatikan dalam memilih oli yang bagus untuk motor matic adalah ketahui kekentalan yang memang dibutuhkan oleh mesin sesuai anjuran pabrikan. Sebagai gambaran, jika skutik kamu dianjurkan memakai oli dengan kekentalan 10W-30, maka usahakanlah pakai tingkat kekentalan yang sama ketika ganti oli.

Walau saat ini ada beragam pilihan oli matic di pasaran dengan kekentalan yang beragam, pemilik kendaraan sebaiknya jangan coba-coba untuk berpindah ke yang lain. Tujuan konsistensi tersebut, agar pelumas dapat bekerja secara maksimal sesuai dengan spesifikasi mesin.

Langkah lainnya soal merek oli yang dipakai, pemilik kendaraan sudah sepatutnya mempertimbangkan pakai oli yang sudah teruji kualitasnya. Cara paling mudah, cari yang mereknya jelas, jangan abal-abal. 

Supaya kamu tidak salah pilih, berikut ini Moladin akan memberikan 7 rekomendasi oli yang bagus untuk motor matic:

1. Shell Advance 4T AX5 Scooter, Oli yang Bagus Untuk Motor Matic

Shell Advance AX5, rekomendasi oli yang bagus untuk motor matic

Ketika memutuskan untuk menggunakan oli yang bagus untuk motor matic. Sebaiknya memilih pelumas yang memiliki teknologi yang baik untuk mesin.

Contohnya mungkin bisa menggunakan Shell Advance 4t AX5 Scooter. Pelumas ini dilengkapi dengan Active Cleansing Technology.

Teknologi tersebut diklaim mampu membersihkan mesin 33 persen lebih baik dari pelumas lainnya. Untuk urusan harga, biasanya Shell Advance 4t AX5 Scooter dibanderol mulai Rp 30 ribu hingga Rp 38 ribuan.

2. Top 1 Action Matic

Top 1 Action Matic
Pelumas Top 1 Action Matic

Rekomendasi oli yang bagus untuk motor matic selanjutnya mungkin kalian bisa menjatuhkan pilihan kepada line-up produk Top 1. Di mana merek ini telah teruji kualitasnya sejak lama sebagai produsen motor dan mobil dengan kualitas internasional.

Produk yang kami anjurkan, bisa menggunakan Top 1 Action Matic. Pelumas berbahan dasar sintetik ini sangat direkomendasikan untuk mesin dengan kopling kering seperti motor skuter matik (skutik).

Oli TOP 1 Action Matic memiliki kandungan sintetik yang lebih tinggi, sehingga membuat usia pakainya lebih lama dibandingkan produk sejenis. Pelumas ini juga telah memiliki standar JASO dan API yang telah disesuaikan untuk motor-motor terbaru.

Top 1 Action Matic tersedia dengan kekentalan 10W-30 dan 10W-40. Ukurannya pun ada yang 1 liter dan 0,8 liter. Terkait harga, biasanya pelumas ini ditawarkan dengan banderol mulai Rp 45 ribuan.

3. Castrol Activ Matic

Castrol Activ Matic
Oli Castrol Activ Matic

Berlanjut membahas oli yang bagus untuk motor matic, pilihannya jatuh kepada Castrol Activ Matic yang dilengkapi dengan ZipBoosters. Pelumas ini diklaim memiliki teknologi tinggi dengan gesekan yang rendah.

Castrol Activ Matic didesain khusus untuk motor matik 4-tak modern seperti yang beredar saat ini dipasaran. Mesin motor matik biasanya harus bekerja ekstra menghadapi jalan perkotaan yang padat.

Mesin yang tertutup dan desain transmisi yang berkesinambungan menyebabkan mesin menjadi sangat panas. Pelumas Castrol Activ Matic diklaim mampu menjawab kebutuhan mesin kendaraan.

ZipBoozters bertugas untuk melindungi dari keausan dan penumpukan deposit yang berbahaya pada suhu tinggi, sehingga mesin motor matik kalian tetap gesit. Castrol Activ Matic dengan ZipBoosters membuat mesin tetap terlindungi dan motor tetap gesit seperti baru.

Untuk diketahui, pelumas ini tersedia dalam pilihan SAE 20W-40 dan 10W-30. Menyoal harga, pelumas ini ditawarkan dengan banderol mulai Rp 40 ribuan.

4. Repsol Moto 4T 10W-30 Matic

Repsol untuk motor matic
Repsol untuk motor matic

Repsol Moto 4T 10w30 Matic bisa jadi solusi buat kalian yang ingin menggunakan oli yang bagus untuk motor matic. Pelumas satu ini diklaim cocok digunakan untuk motor matik biasa maupun matik injeksi yang beredar di Tanah Air.

Di atas kertas, Repsol Moto 4T 10W-30 ditawarkan dalam kemasan 0,8 liter. Terkait harga, produk ini ditawarkan dengan rentang harga Rp 40 ribuan.

5. Yamalube Super Matic

oli motor terbaik
Buat kamu pengguna Yamaha, tidak perlu bingung soal memilih oli motor terbaik. Pakai Yamalube saja!

Tak kalah baik dengan produk-produk selanjutnya, kalian yang cari oli bagus untuk motor matic bisa menggunakan Yamalube Super Matic. Bukan tanpa alasan, karena produk ini menawarkan kelebihan yang diklaim membuat temperatur mesin tetap stabil alias dingin.

Oli ini juga mampu meredam suhu panas dari mesin motor dengan sangat baik sampai membuat performa motor lebih optimal. Pelumas Yamaha itu juga telah memenuhi standar JASO MB, sehingga oli motor matic ini sangat cocok untuk semua matik dari Yamaha, contohnya Yamaha Mio, Yamaha Xeon, Mio Soul GT, Yamaha New GT 125 Eagle Eye, Mio 125 M3, dan Yamaha X Ride.

Urusan harga, Yamalube Super Matic cenderung masih terjangkau, dengan banderol Rp 50 ribuan.

6. Federal Matic Ecomaxx 30

Jajaran oli motor Federal
Jajaran oli motor Federal

Selanjutnya membahas mengenai oli yang bagus untuk motor matic, kalian bisa menggunakan Federal Matic Ecomaxx 30 dengan SAE 20W-40API JASI MB. Pelumas ini menggunakan formula Synthetic special, yang membuat motor matik kalian tetap awet.

Federal Matic Ecomaxx 30 memiliki tiga keunggulan yakni Active Moly, yang mampu Menjaga mesin dari gesekan dan hemat bahan bakar. Viscoelastic molecules, Meningkatkan kinerja dan akselerasi mesin lebih optimal.

Ketiga dibekali dengan Double ACT Cleaner, membersihkan komponen mesin motor 2X lebih efektif.

Federal Matic Ecomaxx 30 direkomendasi untuk motor-motor baru atau usia pemakaian motor di bawah 5 tahun. Pelumas ini cocok untuk motor matik berkubikasi 125 cc hingga 150 cc.

Untuk menjaga performa mesin, sebaiknya rutin mengganti oli mesin setiap 2.000 KM atau 2 bulan sekali. Penurunan performa pelumas dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kondisi jalan (geografis), debu, macet, bahan bakar, udara panas, dan pola berkendara.

7. Motul Scooter LE 10w30

Oli Motul
Oli Motul

Terakhir membahas mengenai oli yang bagus untuk motor matic, bisa pakai Motul Scooter Expert LE 10W-30. Untuk urusan kualitas tentu tak perlu diragukan lagi.

Pasalnya oil Motul begitu populer di kancah balap dunia hingga Indonesia seperti, roadrace, dragbike, grasstrack, dan motocross.

Motul Scooter LE 10W-30 diklaim cocok untuk motor matic terbaru maupun lawas. Produk ini biasanya ditawarkan dalam ukuran 0,8 liter dengan banderol sekitar Rp 70 ribuan.

Gimana sekarang sudah ada gambaran ingin menggunakan pelumas matik yang tepat? Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *