Fitur Honda Roadsync, Jadikan Motor Bisa Bicara – Moladin

1 min read


Akhirnya fitur Honda Roadsync atau Honda Smartphone Voice Control System (HSVCS) diperkenalkan secara lebih luas lagi. Teknologi yang membuat motor bisa bicara ini, pertama kali hadir di motor Honda CB 350 H’ness asal India pada Oktober 2020. Kemudian datang ke Thailand dengan menempel Forza 350.

Sekarang teknologi Roadsync bisa digunakan berbagai model motor Honda yang dipasarkan di Eropa. Kebanyakan memang untuk motor berkapasitas mesin besar, contoh X-ADV, CB1000R, dan Forza 750.

Lalu apakah benar fitur Honda Roadsync bisa membuat motor bicara? Tentu saja, bahkan bukan cuma bicara tapi juga berkomunikasi dengan pengendara. Artinya teknologi ini memungkinkan motor mengerti ucapan kita, sekaligus membalasnya.

Hanya saja perlu beberapa komponen pendukung supaya bisa bekerja dengan baik, tidak cukup cuma motor Honda saja. Untuk mengetahui lebih detail soal teknologi canggih Roadsync atau dikenal pula sebagai HSVCS, bisa cek bahasan berikut:

Cara Kerja Fitur Honda Roadsync

Honda Roadsync atau HSVCS baru bisa bekerja dengan kehadiran smartphone android dan intercom

Pada dasarnya fitur Honda Roadsync bisa bekerja maksimal kalau ada tambahan perangkat smartphone dan interkom. Semua itu dihubungkan ke motor melalui koneksi bluetooth.

Bila sudah terkoneksi, maka Roadsync memudahkan pengendara mengakses fitur navigasi, telepon, pesan, dan musik yang ada di smartphone tanpa perlu melepas tangan dari setang. Alhasil kamu bisa tetap fokus pada jalan.

Contohnya saat ada pesan masuk ke smartphone, motor bakal berbicara ke pengendara lewat intercom. Kemudin kamu juga bisa pilih ingin mendengar isi pesan tersebut atau tidak dengan menekan tombol yang ada di sisi kiri setang.

Lalu untuk membalasnya, kamu bisa lafalkan pesan via suara. Istimewa bukan?

Saat mengakses navigasi, kamu juga cuma perlu melafalkan nama jalan melalui perintah suara. Dengan begitu, kamu bisa mendengar arahan belok kiri dan kanan sesuai yang ada di Google Maps lewat intercom. Selain itu, ada pula petunjuk arah di panel instrumen supaya memudahkan sampai ke tujuan.

Dilihat secara kasat mata, perbedaan motor yang sudah mengadopsi fitur Honda Roadsync atau tidak, dapat terlihat dari kehadiran tombol empat arah di kiri setang. Tombol tersebut berguna memudahkan akses, selain lewat suara.

Untuk saat ini, fitur Honda Roadsync cuma dapat bekerja saat terkoneksi dengan Smartphone Android. Sebelum menghubungkan motor dengan smartphone, kamu perlu terlebih dulu mengunduh aplikasi bernama Honda Roadsync di Google Play Store.

Honda Roadsync Vs Yamaha Y-Connect

honda roadsync
Fitur-fitur yang ada di smartphone Android ini bisa diakses oleh motor dengan Honda Roadsync

Keduanya sama-sama mampu menghubungkan motor dengan smartphone. Hanya saja untuk fitur Honda Roadsync lebih istimewa karena pengendara bisa memberikan perintah via suara dan mendengarkan feedback dari motor.

Meski begitu, Roadsync bukan tanpa kekurangan. Saat ini cuma bisa diakses oleh motor-motor dengan kapasitas mesin 350 cc ke atas, contohnya Forza 350, X-ADV, CB1000R, CB350 H’Ness, dan Forza 750. Lalu untuk mengaktifkannya juga perlu perangkat lain seperti intercom.

Sementara Yamaha Y-Connect lebih sederhana dari fitur Honda Roadsync. Dapat pula memberi notifikasi telepon, e-mail, dan pesan masuk, namun tidak dapat membaca serta membalas. Navigasi juga tidak ada.

Kelebihan dari Y-Connect, tersedia di motor-motor dengan harga terjangkau seperti Nmax 155 dan Aerox 155. Lalu tidak dibutuhkan peranti tambahan untuk mengaksesnya.

Untuk informasi tentang dunia otomotif terbaru, pantau terus Moladin!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *