Husqvarna Svartpilen 125, Kecil Tapi Sangar – Moladin

1 min read


Akhirnya Husqvarna Svartpilen 125 resmi meluncur di Eropa. Soal harga, belum ada informasi resmi. Hanya saja pemasarannya mulai dilakukan secepatnya pada Februari 2021.

Motor ini memang punya kapasitas mesin 125 cc, namun tampilannya benar-benar sangar. Pabrikan asal Swedia mengusung desain ala scrambler tapi sangat futuristik. Aura gagah khas motor dua alam tampak dari penggunaan ban semi offroad dan pelek jari-jari. Kemudian knalpot juga diposisikan menukik ke atas.

Tidak ketinggalan ada suspensi upside down kekar berukuran 43 inci di depan. Husqvarna pun membiarkan rangka teralis motor terlihat jelas yang menjadikan kesan gagah semakin terasa.

Di sisi lain, sosok futuristik juga terasa di Husqvarna Svartpilen 125. Lihat saja bodinya yang penuh sudut, tapi sederhana. Kemudian penggunaan bodi pendek, serta sepatbor yang dipindah ke bagian roda jadi pembeda tersendiri dibanding motor naked sport lain.

Kombinasi semua itu menjadikan kuda besi ini memiliki tampilan layaknya motor gede. Ingin tahu lebih detail soal spesifikasinya? Simak bahasan di bawah ini:

Spesifikasi Husqvarna Svartpilen 125

Kapasitas mesinnya cuma 125 cc, tapi fitur-fiturnya sangat istimewa

Jika melihat desain Husqvarna Svartpilen 125 di Eropa, sesungguhnya tidak beda jauh dari Svartpilen 250 yang meluncur di India. Maklum keduanya memang berbagi basis. Hanya saja untuk kapasitas mesin, benua biru dapat kubikasi lebih kecil yaitu 125 cc.

Alhasil mesin satu silinder dan berpendingin cairan itu cuma bisa melontarkan tenaga maksimal 15 hp. Padanannya adalah sistem transmisi manual 6-percepatan dengan kopling.

“Mau itu berkendara di dalam kota atau ke mana saja, kombinasi mesin jinak 125 cc EURO 5 dengan handling mudah dan irit bahan bakar, membuat Svartpilen 125 pilihan yang tepat,” seperti dikutip dari rilis resmi Husqvarna Eropa.

Kemudian untuk fitur-fitur yang menyertai, sangatlah istimewa. Sebut saja anti-lock braking system (ABS) dua channel dari Bosch. Ada pula rem cakram di kedua roda, depan 320 mm dan belakang 230 mm.

Husqvarna Svartpilen 125 juga mempunya sistem pencahayaan full LED yang hemat daya. Lalu panel instrumen sudah mengadopsi sistem digital agar lebih mudah memberi berbagai informasi penting ke pengendara.

Pasar Indonesia Lebih Cocok dengan Versi 250 cc

husqvarna svartpilen 125
Di India ada Husqvarna Svartpilen 250 yang desainnya mirip Svartpilen 125

Apakah Husqvarna Svartpilen 125 bakal masuk Indonesia? Kemungkinan besar tidak, lantaran Eropa memang punya ciri khas tersendiri dengan memasarkan produk-produk dengan mesin 125 cc.

Pasar otomotif Indonesia telah lama meninggalkan kubikasi tanggung tersebut, kemudian menggantinya dengan 150 cc dan 250 cc. Jadi kalau mau masuk ke Tanah Air, ada baiknya yang versi 250 cc. Kenapa?

Alasannya sederhana, karena Svartpilen 250 sudah ada di India. Jadi Husqvarna tidak perlu repot-repot buat versi lain. Pasa motor naked sport 250 cc di Indonesia pun cukup ramai pemainnya. Ada KTM Duke 250, Yamaha MT-25, dan Benelli TNT 249S.

Ditambah lagi KTM dan Husqvarna merupakan satu grup di bawah naungan Bajaj Auto. Jadi kalau mau, KTM di Indonesia bisa juga memasarkan Husqvarna dalam satu dealer yang sama. Hal ini sebenarnya sudah dilakukan oleh beberapa diler di Tanah Air.

Soal harga, Svartpilen 250 sangatlah terjangkau. Di India banderolnya Rs 1.80 lakh atau setara Rp 34 jutaan. Kemungkinan saat masuk Indonesia, banderolnya setara KTM Duke 250 yang mencapai Rp 50 jutaan. Tertarik punya?

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin! (LDR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *