Bocoran Honda Revo X Terbaru, Irit Hingga 76,9 Km/liter

2 min read


Dengan kehadiran Honda Wave 110i 2021 di Thailand, sepertinya ini bisa menjadi bocoran Honda Revo X Terbaru untuk pasar Tanah Air. Bagaimana tidak? Keduanya memang berbagi basis yang sama.

Bila melihat motor bebek asal Negeri Gajah Putih, ada banyak penyegaran di versi anyar. Tidak cuma tampilan, tapi juga fitur dan performa mesin.

Soal desain, sosoknya memang jadi lebih kalem dibandingkan Revo X. Bodinya tidak terlalu banyak sudut, lalu sein berada di bagian batok.

Keistimewaan All New Honda Wave 110i tampak, lewat penggunan lampu depan berteknologi LED yang hemat daya. Lalu panel instrumen telah mengandalkan kombinasi analog dan digital.

Panel digitalnya bisa memberikan informasi seputar posisi gigi transmisi, konsumsi bahan bakar, dan jarak tempuh. Sementara panel analog bertugas memberi informasi kecepatan. Dengan kehadiran fitur anyar ini, tampilannya juga terdongkrak semakin modern.

Tidak hanya itu, kapasitas bagasi dibuat lebih luas mencapai 10 liter. Maka lebih banyak barang bawaan yang dapat ditampung. Bandingkan dengan Revo X yang bagasinya cuma 7 liter.

Lalu ubahan paling menarik motor Honda ini ada di mesin. Dengan jantung mekanis anyar, konsumsi BBM-nya diklaim bisa tembus 76,9 Km/liter. Gila!

Ingin tahu lebih banyak soal bocoran Honda Revo X terbaru? Simak bahasan di bawah ini:

Mesin Overstroke yang Super Irit

Mesin baru ini diklaim bisa menghemat BBM 76,9 Km/liter

Bocoran Honda Revo X terbaru sepertinya bakal banyak mengikuti Honda Beat, terutama dari sisi mesin. Pabrikan berlogo sayap sudah mengubah karakter jantung mekanis Beat jadi overstroke. Tujuannya tidak lain membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.

Nah, hal serupa juga dilakukan oleh Honda Thailand ke All New Honda Wave 110i. Sebelumnya motor bebek ini pakai mesin yang sama dengan Revo X di Indonesia. Dengan kata lain punya kubikasi 109,17 cc, SOHC, satu silinder.

Sekarang mesin tersebut direvisi. Honda Wave 110i 2021 mengandalkan jantung mekanis dengan teknologi Honda Smart Engine. Kapasitasnya sedikit meningkat jadi 109,5 cc.

Mesin baru tersebut juga memiliki perbedaan jeroan. Karakternya lebih overstroke dengan ukuran bore 47.0 mm dan stroke 63.1 mm. Kompresi juga meningkat hingga 10:1.

“Dengan menambah panjang langkah memberikan lebih banyak kompresi, meningkatkan efisiensi sistem pelumasan, mengurangi gesekan, dan mengingkatkan pembuangan panas. Alhasil mesinnya lebih irit dan awet…,” Seperti dikutip dari laman resmi AP Honda Thailand.

Efek paling terasa adalah konsumsi BBM jadi sangat irit, klaim Honda tembus 76,9 Km/liter. Ditambah lagi Wave 110i anyar memiliki kapasitas tangki bensin 5 liter alias 1 lter lebih banyak dari Revo X yang dijual di Indonesia.

Jika dilakukan simulasi, maka dalam kondisi tangki penuh, motor bebek Thailand ini mampu melaju hingga 384,5 Km setara Jakarta-Cilacap.

Kalau benar bocoran Honda Revo X terbaru bakal seperti All New Wave 110i, pastinya bakal istimewa. Pasalnya saat ini motor bebek entry level tersebut cuma bisa menghemat BBM 59,8 Km/liter.

Hanya saja memang, yang belum diketahui adalah torsi dan tenaga, karena laman resmi AP Honda Thailand tidak membeberkan. Semoga saja performanya tidak jadi lebih buruk dibanding Revo yang ada saat ini.

Kapan Honda Revo X Terbaru Hadir di Indonesia?

honda wave 110i
Sosok All New Honda Wave 110i di Thailand yang kemungkinan bakal jadi Revo X terbaru untuk pasar Tanah Air

Sampai saat ini memang belum ada bocoran Honda Revo X terbaru bakal hadir dalam waktu dekat. Hal ini diperparah oleh produk motor bebek di Indonesia yang semakin tidak diminati.

Buktinya dapat dilihat dari data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) pada 2020. Tampak bahwa motor bebek mendapatkan angka penjualan paling jelek, cuma 5,9 persen. Sementara di peringkat kedua ada motor sport 6,1 persen dan primadonanya adalah motor matik dengan 88 persen.

Oleh karena kurang laris, akhirnya banyak motor bebek tidak terlalu diperhatikan penyegarannya. Ambil contoh Honda Supra X 125 yang tampilannya tidak berubah sejak 2014. Kemudian Honda Revo X, terakhir kali ada revisi pada 2018.

Fakta di atas membuktikan, bahwa para penggemar motor bebek di Tanah Air harus lebih bersabar.

Untuk mengetahui informasi terbaru tentang dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *