UBL Bangun Motor Listrik BL-SEV01, Asli Karya Anak Bangsa!

1 min read


Universitas Budi Luhur (UBL) akhirnya mengenalkan motor listrik perdana mereka, yakni Budi Luhur – Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01). Produk itu menjawab komitmen UBL sebagai instansi pendidikan yang terus berinovasi, termasuk dalam mengikuti perkembangan mobilitas di masa depan melalui kendaraan listrik.

Melalui kehadiran motor listrik BL-SEV01, UBL berharap bisa menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat di masa yang akan datang. Mengingat tren kendaraan listrik akan semakin berkembang di masa yang akan datang di Indonesia.

“Universitas Budi Luhur sejak lama telah merencanakan pengembangan mobil dan motor listrik yang merupakan hasil karya anak bangsa,” ujar Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, MBA, kamis (14/1/2021).

Kasih Hanggoro turut menegaskan, “Riset yang kami kembangkan ini menjadi bagian dari misi Universitas Budi Luhur dalam memfasilitasi dan memotivasi sivitas akademika untuk mencapai penelitian bermutu, serta melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas”.

Menariknya, sepeda motor listrik racikan UBL tersebut dipastikan sepenuhnya menggunakan 100 persen tenaga listrik sebagai sumber penggeraknya.

Dalam pengembangan motor listrik, UBL mendapatkan dukungan penuh dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan juga Katros Garage untuk desain kendaraan.

Mengenal BL-SEV01, Motor Racikan Universitas Budi Luhur

Motor listrik UBL, yakni BL-SEV01 usung desain cafe racer

Pengembangan motor listrik Budi Luhur, BL-SEV01 turut melibatkan seluruh pengajar dan mahasiswa UBL, mulai dari modul, baterai, hingga motor listrik yang digunakan untuk sumber penggerak.

Seluruh komponen tersebut telah melalui serangkaian pengembangan, agar dapat bekerja secara maksimal untuk menghadapi segala kondisi, karakteristik, dan medan jalan di Indonesia.

Komponen-komponen yang digunakan juga dipastikan telah teruji dan juga terbukti mampu berfungsi dengan baik dalam menunjang kendaraan. Rangkaian pengetesan motor listrik BL-SEV01 dilakukan di laboratorium LIPI.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kualitas yang dihasilkan memang laik untuk digunakan. Menyoal mesin, sejatinya cukup menarik untuk dibahas.

Motor listrik BL-SEV01 disematkan motor listrik BLDC 96 Volt yang mampu menghasilkan tenaga 16 kW. Tenaga yang disalurkan melalui baterai berkapasitas 48 Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere.

Performa Diklaim Setara Motor Sport 300 cc

BL-SEV01, motor listrik karya anak bangsa
Mengusung desain cafe racer yang menyiratkan motor listrik kesukaan anak muda

Dalam kondisi baterai terisi penuh, BL-SEV01 mampu melaju sejauh 110 kilometer. Proses pengecesan baterai pun diklaim memakan waktu 4 jam.

Selain didukung dengan teknologi ramah lingkungan, motor listrik BL-SEV01 punya desain yang kekinian. Usung model Cafe Racer yang saat ini digandrungi masyarakat di Tanah Air.

Desain café racer yang diusung tersebut diklaim sejalan dengan performa yang ditawarkan, sebagai sebuah motor sport yang kuat, tangguh, dan agresif.

UBL mengklaim bahwa performa BL-SEV01 setara dengan motor sport bermesin 300 cc. Dengan pengembangan yang dilakukan, pihak kampus berharap mampu mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia bisa semakin cepat terealisasi.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, dan menumbuhkan semangat kalian untuk berinovasi untuk Indonesia.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *