10 Tips Naik Motor Di Musim Hujan Agar Selamat – Moladin

4 min read


Naik motor di musim hujan bukanlah sesuatu yang mudah. Pengendara wajib membawa peralatan berkendara ekstra untuk melindungi bagian tubuh dari guyuran hujan. Mulai dari jas hujan, lap microfiber, sampai dengan perlengkapan lainnya wajib dipersiapkan.

Selain itu, Anda juga perlu lebih hati-hati. Pasalnya saat hujan, jalanan tentu jadi lebih licin dari biasanya. Ditambah lagi visibilitas berkendara motor berkurang lantaran terhalang oleh hujan dan kabut.

Agar Anda tetap aman dan selamat selama berkendara. Inilah 10 tips naik motor di musim hujan:

1. Pakailah Jas Hujan Setelan

Pakai jas hujan setelan

Tips naik motor saat musim hujan yang pertama, sebagai pengendara sepeda motor wajib melindungi tubuh dari guyuran hujan. Lantas harus bagaimana? Pakailah jas hujan setelan, jangan menggunakan jas hujan ponco karena model ini berbahaya saat Anda menggunakan motor dengan transmisi manual. Salah-salah jas hujan yang menjuntai bisa masuk ke bagian rantai motor dan hal yang tidak di inginkan pun terjadi.

Selain jas hujan, pengendara juga wajib melindungi bagian kepala. Disarankan menggunakan helm full face, karena menutup bagian seluruh wajah. Selanjutnya, untuk bagian kaki belilah jas hujan yang melindungi bagian ini, kini sudah banyak dijual di pasaran.

2. Cek Bagian Lampu dan Pengereman

tips-berkendara-motor-saat-musim-hujan-utamakan-safety
Cek baik lampu dan pengereman

Jangan abaikan kondisi motor Anda, ini jadi tips naik motor saat musim hujan kedua. Sudah melindungi seluruh bagian jangan lupa bahwa motor harus dalam keadaan yang sehat ketika menghadapi hujan. Hal yang paling penting adalah bagian lampu dan pengereman.

Ketika musim hujan kedua hal ini jadi penting, mengingat jarak pandang dikala hujan menjadi lebih terbatas. Sistem pencahayaan yang maksimal sangatlah membantu. Sistem pengereman juga harus diperhatikan, baik bagian depan ataupun belakang. Karena kondisi jalanan saat hujan menjadi lebih licin.

3. Kurangi Kecepatan Kendaraan

Jas hujan ponco
Naik motor di musim hujan wajib pelan-pelan, jangan ngebut-ngebutan.

Saat menghadapi hujan, sebaiknya kamu kurangi kecepatan dalam mengendarai kendaraan. Karena pada saat hujan permukaan jalan cenderung licin.

Pengendara motor wajib untuk lebih waspada, karena berpotensi menyebabkan ban motor kamu tergelincir atau slip. Berkendara dalam kondisi kecepatan rendah, akan membuat alur ban kendaraan kamu lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkeram ban lebih baik.

Hindari memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi, saat menghadapi genangan air. Hal ini sebagai upaya untuk selalu aman naik motor di musim hujan.

4. Jangan Gunakan Alas Kaki yang Licin

naik motor di musim hujan
Pakai alas kaki yang aman dan nyaman untuk berkendara saat hujan.

Tips naik motor di musim hujan selanjutnya, hindari menggunakan alas kaki yang licin, karena dapat mengganggu dalam berkendara. Apalagi untuk kalian pengguna sepeda motor, sebaiknya pakai alas kaki yang tidak licin, tahan air dan aman untuk berkendara.

Berbagai pabrikan sepatu kini mulai membuat boot tahan air. Peralatan berkendara ini terbuat dari material plastik yang mampu membuat naik motor waktu hujan terasa lebih aman dan nyaman.

5. Pilih Bagian Jalan yang Kering

Rain Gear For Riding
Pilih bagian jalan yang lebih kering

Tips naik motor di musim hujan selanjutnya adalah menghindar dari genangan. Hal ini biasanya kerap kali dilupakan oleh para pengendara sepeda motor. Meski kondisi hujan, Anda bisa mengakali dengan tetap berjalan di bagian yang kering. Biasanya bagian ini akan ada di bagian pinggir jalan raya yang dekat dengan pembatas jalan.

Mengapa harus menghindar dari genangan? Karena ketika menghadapi kondisi ini, Anda mungkin tidak tahu kedalamannya. Hal ini bisa mengakibatkan motor mogok atau terperosok ke dalam lubang yang mungkin ada di balik genangan air itu.

Tidak cuman itu saja, saat menghantam jalan yang berlubang dan itu dalam maka akan berbahaya. Bisa membuat bagian suspensi dan ban motor Anda akan mengalami gangguan, seperti misalnya shockbreaker retak atau ban bocor.

Oleh karena itulah Anda perlu lebih berhati-hati ketika menghadapi genangan air di jalan. Supaya Anda tetap aman berkendara saat hujan.

6. Periksa Tekanan Angin Ban

Cara memilih ban yang tidak licin saat hujan
Ban motor sangat penting fungsinya, karena jadi satu-satunya komponen yang menapak dengan aspal.

Faktor penting dalam tips naik motor di musim hujan berikutnya adalah pastikan kondisi ban. Mulai dari cek tekanan angin ban sesuai standar, sampai dengan perhatikan alur ban dalam kondisi baik. Tujuannya tentu meminimalisir kemungkinan kendaraan kamu melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) ketika menghadapi hujan.

Jangan sampai memaksakan bila kondisi ban sudah tidak memungkinkan alias tipis. Sebagai tindakan preventif, periksa kondisi ban kendaraan kamu seminggu sekali. Bila kalian mengabaikan, dapat berpotensi mengakibatkan kecelakaan, Sob!

7. Persiapkan Rute yang akan Kalian Lalui

naik motor di musim hujan
Jangan sampai kamu lewati jalan yang tergenang banjir.

Langkah untuk naik motor di musim hujan, terpenting kalian wajib untuk memastikan rute jalan yang akan dilalui untuk sampai tujuan. Apalagi jika daerah yang akan dilalui belum pernah dikunjungi.

Efeknya akan membuat kalian merasa tersesat, dan pastinya membuat kalian kebingungan dan mengganggu konsentrasi. Terlebih jika kondisi jalan yang kalian lalui berpotensi mengalami hujan lebat, dan jarak pandang yang buruk.

Tentunya hal ini membutuhkan kemampuan dan fokus mengemudi jadi lebih ekstra hati-hati. Supaya dapat meminimalisir potensi kalian tersesat, maka sebaiknya rencanakan rute perjalanan yang baik.

8. Jaga Jarak Aman Merupakan Tips Naik Motor di Musim Hujan

naik motor di musim hujan
Selalu jaga jarak aman untuk menghindar dari potensi kecelakaan di depan.

Anda wajib menjaga jarak aman dengan pengendara lain. Hal ini jadi cara tepat untuk selalu aman ketika naik motor di musim hujan. Karena pada saat hujan, pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh. Alhasil jarak aman yang Anda ciptakan tersebut bisa menjadi ruang untuk menghindari dari potensi tabrakan dengan kendaraan di depan.

Berbeda jika kalian berkendara dalam kondisi kering. Pengereman tidak perlu terlalu jauh, bila dibandingkan saat kondisi hujan. 

9. Selalu Perhatikan Marka Jalan dan Rambu-Rambu Lalu Lintas

Perhatikan rambu-rambu di jalan
Perhatikan rambu-rambu di jalan, ketika naik motor, terlebih saat musim hujan.

Faktor yang tak kalah penting dalam menunjang aman berkendara saat naik motor di musim hujan. Anda perlu untuk selalu memperhatikan marka jalan dan rambu-rambu lalu lintas di sekitar jalan yang Anda lalui.

Marka jalan berfungsi untuk membantu Anda agar terhindar dari kecelakaan dan tetap berada di dalam jalur yang benar dan aman. Sementara rambu-rambu lalu lintas, tentunya dapat membantu kalian mengetahui kondisi sekitar jalan yang Anda hadapi dan lalui.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kalian selalu memperhatikan marka jalan, beserta rambu-rambu lalu lintas yang berlaku di jalan yang kalian lalui. Sebenarnya bukan saat musim hujan saja, tapi juga ketika cuaca terang. Hanya saja memang ketika hujan, pengendara motor lebih sering abai.

10. Jangan Paksakan Mesin Hidup Ketika Menerjang Banjir

penyebab turun mesin motor
Penyebab turun mesin motor, salah satunya karena mesin kemasukan air

Pengendara sepeda motor perlu mengingat bahwa ketika kendaraan terjebak banjir dan mogok, jangan pernah memaksakan untuk menghidupkan mesin.

Pasalnya ketika menerjang banjir, air masuk ke saluran pembuangan gas kendaraan Anda. Jadi sebaiknya jangan memaksakan untuk menghidupkan mesin kembali ketika mogok.

Sebaiknya Anda dorong kendaraan ke tempat yang lebih aman. Karena dikhawatirkan sistem pengapian kendaraan kalian mengalami korsleting dan dapat berpotensi membuat kendaraan terbakar. Inilah tips naik motor di musim hujan yang terakhir.

Bagaiamana, sekarang sudah tahu cara naik motor di musim hujan yang baik dan benar? Sebaiknya terapkan semuanya dalam kehidupan sehari-hari ya. Untuk informasi lebih lengkap tentang dunia otomotif, kamu bisa cek Moladin. (LDR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *