5 Kelebihan Motor Listrik Gesits G1, Canggih! – Moladin

4 min read


Bicara kelebihan motor listrik Gesits G1, sepeda motor ini menjadi salah satu karya anak bangsa. Oleh karenanya patut diapresiasi. Kamu juga boleh berbangga bila memakai Gesits, lantaran ikut memajukan industri otomotif asli Indonesia.

Motor ini diproduksi oleh PT WIKA Industri dan Konstruksi. Dalam pelaksanaannya, WIKA menjalin kemitraan dengan PT Gesits Technologies Indonesia (GTI) bersama dengan Institut Teknologi Surabaya (ITS). Seluruh proses produksi motor listrik Gesits dilakukan dipabrik milik WIKA yang berada di Cileungsi, Bogor, seluas 30 hektar.

Soal kapasitas produksi, PT WIKA Industri dan Konstruksi mengkalim mampu memproduksi lebih dari 50 ribu unit sepeda motor listrik Gesits setiap tahunnya. Kedepannya, pabrikan akan terus meningkatkan kapasitas produksi hingga sanggup memproduksi sebanyak 100 ribu unit per tahunnya.

Meski dibuat oleh anak bangsa atau produk dalam negeri, namun kelebihan motor listrik Gesits G1 ternyata cukup banyak. Kami sudah merasakannya sendiri ketika melakukan test ride berkeliling Jakarta.

Salah satu yang jadi keunggulannya adalah performa dinamonya. Kalau tidak percaya, pakai mode sport, kemudian putar selongsong gas. Dijamin lajunya bakal mengagetkan.

Tidak hanya itu, desain yang mirip skutik konvensional juga jadi kelebihan motor listrik Gesits G1. Efeknya pengendara pemula tidak perlu banyak penyesuaian ketika menunggangi pertama kali.

Lalu bantingan suspensi empuk pun dirasa sebagai kelebihan tersendiri. Alhasil ketika melewati jalan bergelombang atau tidak rata, pengendara dan penumpang tetap merasa nyaman.

Jika kalian masih ragu untuk beli motor matik produksi Tanah Air ini, ada baiknya simak bahasan kelebihan motor listrik Gesits G1 secara lengkap di bawah ini. Di dalam tulisan, kami pun bakal sampaikan beberapa kekurangannya, supaya pembaca bisa mengetahui kualitas motor tersebut secara komprehensif.

1. Desain Ringkas Layaknya Skutik Konvensional

Gesits punya desain yang kompak

Membahas kelebihan motor listrik Gesits G1, redaksi Moladin rasanya puas dengan impresi yang ditawarkan Gesits. Posturnya yang kompak, membuat posisi begitu begitu nyaman. 

Secara garis besar, mengingat kami dengan khas berkendara Honda Vario untuk riding position yang ditawarkan. Handling Gesits pun tak jauh berbeda dengan skutik konvensional yang dijual di Indonesia.

Ukuran jok yang digunakan pun lebar, mampu menampung bobot pengendara dan penumpang dengan baik. Tinggi joknya juga masih proporsional untuk rata-rata orang Indonesia. Pemilik tinggi 168 cm memang agak sedikit jinjit, tapi tidak terlalu masalah.

Bisa dikatakan, tidak yang perbedaan besar yang kami rasakan saat berkendara dengan Gesits G1. Hanya saja memang motor listrik ini tak menghasilkan suara mesin yang mungkin biasa terdengar di motor konvensional berbahan bakar minyak (BBM).

Lalu untuk kekurangan motor listrik Gesits G1, ada di sinkronisasi selongsong gas dan tuas rem. Jika pengendara sedang menekan tuas rem, memutar gas bakal sia-sia. Pasalnya motor tidak bisa melaju sama sekali, lantaran arus untuk menyalurkan tenaganya diputus secara otomatis.

Hal ini agak menggangu saat berhenti di jalan menanjak. Buat kamu yang pertama kali menjajalnya ,tentu butuh sedikit penyesuaian terkait pengoperasian gas dan rem tersebut..

Tabel Dimensi Motor Listrik Gesits G1

Panjang x Lebar x Tinggi 1.947 mm x 674 mm x 1.135 mm
Jarak Sumbu Roda  1.290 mm
Bobot Motor 94,5 Kg
Ukuran Ban 80/80-R14 (depan) dan 100/80-R14 (belakang)

2. Lampu Depan HID Proyektor yang Terang

kelebihan motor listrik gesits G1
Lampu depannya sangat terang, sehingga memberi kepercayaan diri saat berkendara di malam hari

Salah satu yang jadi kelebihan motor listrik Gesits G1, sistem pencahayaannya patut diacungi jempol. Selain sudah menggunakan full LED, lampu depannya sangat terang. Alhasil ketika diajak berkendara pada malam hari, kami merasa begitu percaya diri.

Hal ini dikarenakan penggunaan lampu depan HID Proyektor. Efeknya seluruh jalan bisa terlihat, walau dalam kondisi gelap. Pengendara pun dengan mudah mengetahui posisi kendaraan lain, serta menghindar dari jalan rusak.

Fitur-fitur lain yang menyertai juga tidak kalah canggih. Misal panel instrumen dengan layar warna-warni, yang bisa dihubungkan dengan smartphone. Jika sudah terkoneksi, pengguna bisa melakukan tracking hal-hal seperti waktu perjalanan, temperatur motor, status kerusakan, status baterai, dan lain-lain, cuma dengan melihat smartphone.

Hanya saja soal kekurangan motor listrik Gesits G1 juga ada. Sebut saja tidak memiliki power charger yang bisa mengisi ulang daya baterai smartphone di perjalanan. Padahal skutik konvensional yang meminum BBM, rata-rata sudah mengaplikasikannya, sebut saja Honda Vario 125, Yamaha Freego, dan lain-lain.

3. Ground Clearance Tinggi & Pakai Belt untuk Menyalurkan Tenaga

kelebihan motor listrik gesits
Bodi bawahnya tidak pernah mentok aspal saat melewati jalan rusak sekalipun

Kemudian yang jadi kelebihan motor listrik Gesits G1, punya ground clearance tinggi. Mereka memang tidak merinci tingginya.

Hanya saja dari hasil test ride yang kami lakukan, bodi bawah sama sekali tidak pernah bersinggungan dengan aspal ketika melewati undakan dan jalan bergelombang. Termasuk saat berboncengan, tidak ada gelaja gasruk. Tentu ini mampu meningkatkan kenyamanan berkendara dengan Gesits G1.

Lalu posisi dinamo Gesits G1 lokasinya bukan di roda, melainkan dekat monoshock belakang. Supaya rodanya bisa bergerak ada belt yang menghubungkan. Hal ini dimaksudkan agar dinamo tidak cepat rusak, lantaran terguncang saat melewati jalan jelek. 

Menurut pihak Gesits, kelebihan lain dari dinamo tidak di roda, pelek bisa digonta-ganti dengan mudah ketika melakukan modifikasi. Pengguna motor bisa pakai merek pelek apa saja jika mau.

4. Suspensi yang Patut Diacungi Jempol

Suspensi Gesits menggunakan model monoshock
Suspensi Gesits menggunakan model monoshock

Menyoal kelebihan motor listrik Gesits lainnya, catatan penting ketika kami menguji motor ini. Gesits memiliki handling yang sangat baik, redaman suspensi depan dan belakang memiliki karakter yang begitu nyaman untuk menunjang mobilitas sehari-hari.

Suspensi cenderung empuk, saat melahap permukaan jalan rusak dan tidak rata masih cukup nyaman. Kenyaman ini tentu jadi salah satu nilai positif yang ditawarkan Gesits.

Pasalnya mengacu pada skutik sejenis namun meminum bensin, biasanya punya bantingan suspensi yang cenderung keras.

5. Punya 3 Mode Berkendara: Eco, Urban, dan Sport

Punya 3 mode berkendara, ECO, Urban, dan Sport
Punya 3 mode berkendara, ECO, Urban, dan Sport

Salah satu teknologi yang cukup menarik tentunya pada sisi baterai yang digunakan. Ini jadi salah kelebihan motor listrik Gesits G1 yang ditawarkan bagi konsumen.

Dari hasil pengujian kami, saat baterai dibawah 50 persen. Performa sepeda motor mengalami penurunan. Kemungkinan hal ini sengaja dirancang, dengan tujuan pengendara tidak sampai kehabisan baterai di tengah jalan.

Menariknya, motor listrik ini juga dibekali tiga mode berkendara yang efektif untuk menghemat daya baterai. Sekaligus bisa menyesuaikan dengan karakter berkendara yang diinginkan.

Buat kalian yang mungkin hanya menggunakan Gesits untuk sekadar bepergian jarak dekat, seperti dalam komplek saja, mungkin bisa menggunakan moden ECO. Ketika pengendara mengaktifkan mode ECO kecepatannya dibatasi hanya sampai 40 kpj saja.

Sedangkan ketika menggunakan mode Urban, kecepatan yang bisa digapai mampu menembus 50 km/jam. Sedangkan untuk merasakan performa yang ditawarkan, mungkin kalian bisa mengaktifkan mode Sport.

Saat mode Sport aktif, motor listrik Gesits mampu melesat hingga kecepatan 80 km/jam. Nah, kalau ingin menjajal performa yang perlu diperhatikan adalah kondisi baterai. Jangan sampai di bawah 50 persen.

Pasalnya mode Sport akan lebih menyita baterai, alhasil jadi lebih boros konsumsi daya yang dikeluarkan. Tak lupa, Gesits juga dibekali dengan mode ‘R’ untuk memudahkan motor mundur ketika parkir.

Walau canggih, bukan berarti kekurangannya tidak ada. Beberapa kali, kami merasa tidak ada perbedaan akselerasi ketika memilih mode Eco, Urban, atau Sport. 

Pernah pula saat kunci kontak diputar ke posisi on, kemudian tombol starter ditekan, motor listirk ini tidak mau aktif. Alhasil kami harus memutar kunci kontak ke posisi off, lalu ulangi ritual, barulah motor bisa aktif. 

Table Performa Motor Listrik Gesits G1

Throttle Control Ride By Wire
Mode Berkendara Eco, Urban, dan Sport Mode
Power Output/Peak Power 2.000 w / 5.000 w
Tenaga 6,7 hp
Torsi 30 Nm
Baterai Li-NCM 72 Volt 20 Ah

Semoga informasi mengenai kelebihan motor listrik Gesits G1 serta kekurangannya, dapat bermanfaat buat kamu. Jika tertarik memiliki, harga Gesits G1 Rp 27,5 juta (OTR Jakarta).

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *