Uji Suzuki Nex Crossover Di Aspal Dan Semi Off-Road

2 min read


PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggelar test ride Suzuki Nex Crossover yang usung desain skutik entry level semi off-road. Ciri khasnya pakai setang telanjang dan ban dual purpose. Hal ini cukup unik, lantaran kompetitor tidak ada yang berwujud serupa.

Skuter matik (Skutik) Suzuki yang meluncur di tahun 2020 tersebut, sesungguhnya dibangun dari basis Suzuki Nex II. Lalu apakah benar bisa diajak berkendara di dua alam?

Beruntung Moladin berkesempatan untuk menjajal secara langsung performa dan ketangguhan motor Suzuki Nex Crossover di wilayah Cibubur, Jawa Barat. Untuk bahasan impresi berkendara bareng Suzuki Nex Crossover, simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Sensasi Test Ride Suzuki Nex Crossover

Test ride Suzuki Nex Crossover

Rasa penasaran memang menghantui redaksi Moladin terkait Suzuki Nex Crossover. Pasalnya Suzuki Nex II bukan skutik yang asing, karena sempat menemani mobilitas selama 2 tahun terakhir.

Kesan pertama yang kami rasakan, skutik ini punya tampilan yang memang lebih segar dibandingkan dengan Nex II standar. Namun sejumlah yang diusung pada Suzuki Nex Crossover, ternyata cukup menarik, khususnya pada impresi berkendara.

Setidaknya saat proses pengujian yang berlangsung selama sekitar setengah jam, dengan jarak tempuh sekira 5 hingga 10 kilometer. Sensasi berkendara Nex Crossover begitu menyenangkan.

Kondisi jalan yang kami pilih pun beragam, mulai dari jalanan semi off-road, hingga jalanan aspal mulus di jalan Perumahan Kota Wisata, Cibubur. Beruntung di sekitaran Kota Wisata terdapat area lapang untuk menguji performa Nex Crossover di medan off-road.

Ketika riding bersama Nex Crossover, untuk kami yang memiliki tinggi 168 cm dengan berat 86 kg, rasanya sangat menyenangkan. Posisi kaki tidak mentok dengan handling dan punya floor board yang terbilang cukup luas.

Penggunaan digital speedometer pun dirasa cukup menarik, menggantikan speedometer model jarum yang tersedia di Suzuki Nex II. Tentunya kehadiran komponen tersebut mampu meningkatkan nuansa modern pada Nex Crossover.

Ketika digunakan di jalanan beraspal sekitaran Perumahan Kota Wisata. Performa di trek lurus, memang dirasa tak terlalu spesial. Maklum mesin tidak ada yang berbeda dari Nex II. Namun sesuai ekspektasi, mesin terasa halus dengan performa terbaiknya bisa terasa saat putaran menengah.

Tidak sulit mendapat akselerasi cepat dari Nex Crossover, cukup putar pedal gas agak dalam. Dijamin motor langsung melesat.

Soal handling, kami rasa jauh lebih baik ketimbang Nex II Standar. Posisi setang yang melebar dan tidak terlalu tinggi, setidaknya bisa membuat posisi riding lebih rileks.

Menariknya lagi, penggunaan ban dual purpose dengan kembang ban yang agak kotak. Komponen itu ternyata tidak membuat manuvernya jadi kurang menyenangkan di jalan aspal, rasanya masih nyaman-nyaman saja.

Soal spesifikasi ban dual purpose Nex Crosssover, di depan mengandalkan ukuran 80/90 ring 14, sedangkan belakang memakai ukuran 90/90 ring 14. Kemudian sudah menggunakan teknologi tubeless. Saat diajak melahap jalan semi off-road pun semakin menyenangkan.

Nyicip Jalan Semi Off-Road

Uji ketangguhan Suzuki Nex Crossover
Uji ketangguhan Suzuki Nex Crossover di medan off-road

Poin yang cukup menarik ketika test ride Suzuki Nex Crossover, suspensi belakang rasanya nyaman. Kala diajak bermain tanah, melalui sejumlah gundukan rendah, terbilang oke. Berboncengan sekali pun bukan masalah. Monoshock motor adventure berbasis skutik ini masih sangat mumpuni.

Begitu pula dengan suspensi depan, rasanya pas untuk digunakan dua medan jalan, baik semi off-road maupun aspal. Pasalnya karakternya tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras.

Melalui jalan yang tidak rata atau semi off-road, Kami sempat memacu Nex  Crossover sedikit kencang. Ternyata skutik ini sangat nyaman melibas jalan rusak. Selain berkat bantingan suspensi yang berkualitas, penggunaan ban dual purpose juga jadi penyebabnya.

Kehadiran setang telanjang juga membuat pengendara jadi lebih leluasa mengendalikan motor ketika melalui jalan bergelombang. Efeknya tangan lebih sigap dan nyaman untuk meredam getaran.

Namun sangat disayangkan, karena keterbatasan waktu kami tak bisa terlalu banyak mengeksplore skutik yang satu ini. Kesimpulan yang bisa kami ambil, motor ini cukup mumpuni untuk mengakomodir kebutuhan untuk menunjang mobilitas sehari-hari dan juga berpetualang.

Spesifikasi Suzuki Nex Crossover

Detil spesifikasi Suzuki Nex Crossover
Detil spesifikasi Suzuki Nex Crossover

Terkait spesifikasi Suzuki Nex Crossover didukung dengan Mesin 113 cc, 1 silinder SOHC berpendingin radiator ini punya tenaga 8,9 hp dengan torsi 8,5 Nm. Motor ramping ini juga dilengkapi dengan radiator sebagai pendinginan mesin.

Pabrikan mengklaim, konsumsi BBM Suzuki Nex Crossover sangatlah efisien. Dari hasil pengujian pabrikan, motor ini mampu melesat sejauh 176,4 km untuk 3,6 liter bahan bakar.

Jika dikalkulasi, setiap 1 liter bahan bakar Nex mampu membawa motor melaju hingga 49 km. Efisiensi BBM ditopang oleh pengabutan yang sudah memakai injeksi yang diatur oleh ECU.  Selain itu, motor ini juga didukung Suzuki Eco Performance (SEP).

Di atas kertas, Suzuki Nex Crossover memiliki dimensi panjang 1.890 mm, lebar 765 mm dan tinggi 1.055 mm. Bobotnya lumayan ringan, hanya 94 kg untuk sebuah skutik berkapasitas mesin 113 cc, 1 silinder.

Soal kaki-kaki, Suzuki Nex Crossover dibekali dengan ban dual purpose yang mampu melahap segala jenis jalan. Nyaman digunakan untuk jalan aspal, dan mumpuni untuk digunakan di jalan semi off-road.

Jadi buat pengguna yang ingin melahap jalan sedikit berlumpur atau berbatu tak perlu khawatir. Semoga informasi mengenai impresi berkendara bareng Suzuki Nex Crossover ini dapat bermanfaat.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *