Motor Hybrid Kawasaki, Berbasis Ninja 250? – Moladin

1 min read


Pabrikan geng hijau membocorkan bahwa mereka sedang merancang produk elektrifikasi terbaru. Kuda besi ini menggabungkan mesin bensin dengan motor eletrik yang disebut juga sebagai motor hybrid Kawasaki.

Informasi ini didapat setelah mereka menayangkan video presentasi berjudul: Kawasaki Rideology meets Hybrid Power di Youtube. Dalam video terlihat bahwa teknologi tersebut bakal jadi solusi kendaraan roda dua untuk masa depan.

“Kombinasi mesin bensin untuk perjalanan luar kota, motor elektrik untuk berkendara di dalam kota, solusi tenaga hybrid ini merupakan contoh bahwa filosofi Kawsaki Rideology bisa memberikan rasa berkendara yang istimewa di berbagai kondisi,” seperti dikutip dari laman Youtube resmi Kawasaki Motors.

Selain video tentang motor hybrid Kawasaki, bocor pula gambar paten tentang cara kerja sistem unik tersebut. Lewat gambar, kita bisa melihat bahwa di setang motor terdapat tombol seperti joystick.

Media asal Eropa, Visordown percaya bahwa tombol itu bisa dipilih oleh pengendara untuk menentukan mode berkendara yang bakal dipakai. Bisa full motor listrik, hybrid, dan full mesin bensin. Kawasaki juga menyediakan tombol khusus yang bisa dipakai untuk meningkatkan akselerasi secara instan saat berkendara.

Ninja 250 bakal Jadi Motor Hybrid?

Kawasaki Ninja 250 Hybrid, jika terwujud performanya pasti istimewa

Visordown yakin motor hybrid Kawasaki ini mengambil basis dari berbagai macam kendaraan. Jika melihat lengan ayunnya, maka kemungkinan besar milik Z900. Sementara untuk rangka, pakai punya Ninja 250.

“Rangka adalah kunci, karena ukurannya akan disesuaikan dengan mesin,” beber Visordown.

Prediksi lebih lanjut, bukan tidak mungkin motor hybrid Kawasaki bakal pakai mesin Ninja 250. Lalu dikombinasikan dengan motor elektrik canggih. Menarik bukan?

Kalau hal tersebut benar-benar terjadi, pasti performa Kawasaki Ninja 250 hybrid bakal sangat istimewa. Bukan tidak mungkin semakin meninggalkan Honda CBR250RR dan Yamaha R25 selaku rivalnya.

Sebagai gambaran, tanpa bantuan hybrid, Ninja 250 bisa melontarkan torsi puncak hingga 23,5 Nm pada 10.000 rpm dan tenaga 39 PS pada 12.500 rpm. Pastinya dengan tamabahan motor elektrik, tentu tambah beringas.

Inovasi Kawasaki dengan mesin 250 cc sesungguhnya bukan cuma ini. Sebelumnya mereka mengembangkan mesin empat silinder dengan kapasitas 250 cc yang dijadikan Ninja ZX-25R.

Motor Hybrid Kawasaki Masih Jauh Dari Produksi Massal

motor hybrid kawasaki
Bocoran gambar sistem hybrid yang sedang dikembangkan oleh Kawasaki

Sampai sekarang, geng hijau memang bisa dikatakan ketinggalan terkait produk elektrifikasi. Mereka belum memiliki motor listrik dan hybrid yang bisa dibeli oleh konsumen. Walau begitu, kehadiran video motor hybrid Kawasaki di Youtube bisa jadi angin segar.

Pabrikan geng hijau sendiri sudah melakukan riset cukup panjang terkait motor masa depan. Bocoran pertama terkait hal ini terjadi pada tahun lalu, lewat video proyek motor listrik bernama Endeavor. Hanya saja produk tersebut belum juga diluncurkan hingga sekarang.

Kemudian hadirlah video motor hybrid Kawasaki. Pertanyaannya, apakah sistem hybrid jadi penyempurnaan dari Endeavor? Bisa jadi iya. Setidaknya Visordown percaya itu.

“Satu-satunya motor konsep yang masih dikerjakan oleh kawasaki adalah motor listrik Endeavor. Motor ini full elektrik, meski begitu bisa jadi bakal jadi hybrid setelah gambar patennya terkuak,” beber media Inggris tersebut.

Terkait peluncuran, sepertinya tidak dalam waktu dekat. Pasalnya ini masih sebatas konsep. Kemungkinannya bisa dua atau tiga tahun lagi motor hybrid Kawasaki bakal hadir secara global. Jika benar basisnya adalah Ninja 250, maka hampir pasar otomotif pasti Indonesia bakal kebagian unit!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *