Motor Matik WMoto RT3, Calon Rival Xmax Dan Forza 250

1 min read


Pasar otomotif Malaysia semakin ramai lewat kemunculan motor matik WMoto RT3 pada Minggu (14/3/2021). Skuter ini memiliki kubikasi mesin 250 cc dan cuma dijual RM 15.188 atau setara Rp 53 jutaan.

Dengan harga terjangkau, bagaimana spesifikasinya? Bicara performa mesin, terbilang biasa saja. Di atas kertas pakai kubikasi 247 cc DOHC dan satu silinder.

Spesifikasi jantung mekanis WMoto RT3 bisa melontarkan torsi puncak 22,5 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 23 hp pada 8.000 rpm. Tidak jauh beda dari performa Yamaha Nmax dan Honda Forza 250 yang dijual di Indonesia.

Hanya saja yang jadi kekurangan, bobotnya sangat berat mencapai 194 Kg. Di atas kertas, motor ini memiliki panjang 2.165 mm, lebar 767 m, dan tinggi 1.395 mm.

Lalu untuk ukuran roda, di depan menggunakan ban 120/70-15 inci dan belakang 140/60-14 inci. Suspensi tidak ada yang istimewa, pakai teleskopik di depan dan jenis ganda di belakang.

Salah satu kelebihan dari WMoto dibanding para kompetitor adalah kapasitas tangki bahan bakar yang sangat besar. Sanggup menampung bensin hingga 17 liter.

“Dibandingkan dengan merek lain di kelas 250 cc, skuter dengan sertifikasi Euro 4 ini memiliki tangki 17 liter yang cocok sekali untuk perjalanan jarak jauh dan membuat tidak terlalu sering isi bensin,” seperti dikutip dari rilis resmi WMoto Malaysia.

Peluang produk ini hadir di Indonesia sesungguhnya cukup besar. Di Malaysia, merek WMoto ada di bawah naungan MForce. Seperti diketahui MForce juga ada di Tanah Air, membawahi SYM dan SM Sport. Bukan tidka mungkin RT3 akan masuk Indonesia dengan brand yang berbeda.

Mau tahu lebih detail tentang WMoto RT3? Simak bahasan di bawah ini:

Fitur-Fitur WMoto RT3

WMoto RT3 memiliki tangki bahan bakar sangat besar, sehingga tidak perlu sering isi bensin saat touring

Bicara soal fitur, WMoto RT3 memiliki banyak teknologi modern. Sebut saja sistem keyless yang menggantikan anak kunci konvensional. Dari kenop pintar tersebut, kamu juga bisa membuka bagasi sekaligus tangki bahan bakar.

Keistimewaan lain, tersedia sistem pencahayaan LED yang hemat daya sekaligus mampu meningkatkan visibilitas berkendara di malam hari. Tidak cuma itu, hadir double USB charging ports di kompartemen depan untuk mengisi daya smartphone selama berkendara.

Ada pula panel instrumen kombinsi analog dan digital untuk memberikan berbagai informasi terkait motor. Ambil contoh putaran mesin, level BBM, jarak tempuh, temperatur, dan lain-lain.

Dari sisi keselamatan, ada rem cakram di kedua roda. WMoto juga memberi anti-lock braking system (ABS) dual channel. Fitur ini bisa mencegah roda terkunci ketika pengendara melakukan pengereman mendadak, sehingga dapat menghindar dari potensi kecelakaan di depan.

Lalu di bawah joknya, bisa menyimpan helm, jas hujan, serta berbagai peralatan berkendara lain.

Keistimewaan lain dari motor matik ini adalah desainnya. Bodi WMoto RT3 terlihat begitu gagah. Kemudian memiliki windshield tinggi yang melengkung. Ada pula spion ala motor sport yang bisa dilipat. Sektor pijakan kaki juga cukup luas untuk meregang, alhasil berkendara semakin rileks.

Pilihan warnanya juga sangat menarik, ada glittery blue (biru), matte grey (abu-abu), dan red (merah).

Bila masuk Indonesia, tentunya harga motor bernama RT3 tersebut sangatlah menarik dilihat dari spesifikasi dan harga. Terlebih kalau dibanding para petahana yang sudah dijual di Tanah Air, banderol motor matik WMoto ini jauh lebih murah.

Tidak percaya? Sebut saja Honda Forza 250 Rp 83,81 juta (OTR Jakarta) dan Yamaha Xmax 250 Rp 61,475 juta (OTR jakarta). Sedangkan WMoto RT3 cuma RM 15.188 atau setara Rp 53 jutaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *