3 Cara Merawat Kampas Rem Motor Biar Awet – Moladin

1 min read


Cara merawat kampas rem motor sejatinya tidak sulit. Meski demikian masih banyak pengguna motor yang lalai dalam merawatnya.

Rem merupakan piranti yang paling penting bagi kendaraan bermotor. Secara fungsi, rem merupakan alat yang dapat membantu motor untuk mengurangi kecepatan.

Karena menyangkut masalah keamanan dan kenyamanan motor, mesti ada perhatian khusus untuk setiap komponen yang berhubungan dengan erat.

Salah satu komponen yang paling penting pada sistem pengereman adalah kampas rem. Untuk itu, kampas rem harus benar-benar diperhatikan agar sistem pengereman bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Dalam hal perawatan, sebetulnya tidaklah terlalu sulit. Tetapi, tak jarang komponen ini selalu luput dalam hal perawatan. Untuk itu kamu mesti simak tiga cara merawat kampas rem motor berikut ini:

1. Bersihkan kampas rem secara berkala

Rajin bersihkan kampas rem

Kampas rem tidak bisa dianggap sepele. Ketika kampas rem kotor bisa mempengaruhi kinerja sistem pengereman. Untuk itu lakukan pembersihan secara berkala sebagai salah satu cara merawat kampas rem motor.

Bersihkan bagian tromol dan cakram dan pastikan selalu dalam keadaan bersih sehingga tidak mengganggu pada saat melakukan pengereman. Pastikan pula piringan cakram berputar secara simetris sehingga beban kampas rem tidak terlalu berat.

2. Bersihkan kaliper dan perhatikan jarak bebas kampas

Cara Merawat Kampas Rem Motor
Bersihkan kaliper secara berkala

Cara merawat kampas rem motor selanjutnya adalah dengan bersihkan kaliper dan pin fleksibel secara rutin. Hal ini bertujuan agar tekanan yang diberikan kepada kampas rem sama rata.

Apabila tekanan yang diberikan piston kaliper kepada kampas rem tidak rata, akan mengakibatkan kampas rem tidak simetris. Selain merusak kampas, hal ini juga bisa menyebabkan kerusakan pada piringan cakram.

Perhatikan juga jarak bebas antara piringan dan kampas rem, apabila belum sempurna maka atur kembali jarak bebas kampas rem supaya tidak menyentuh cakram pada saat tidak dilakukan pengereman.

3. Lumasi bearing dan lakukan pengereman secara normal

Cara Merawat Kampas Rem Motor
Lakukan pengereman secara normal

Jangan sampai lupa juga, untuk melumasi bagian bearing roda secara teratur. Hal ini bertujuan supaya tidak terjadi speling pada bearing dan mengakibatkan piringan cakram bersinggungan dengan kampas rem dan dapat membuat kampas rem menjadi mudah aus.

Lakukan pengereman secara normal, hindari melakukan pengereman yang tidak perlu. Atur jarak berkendara dengan pengendara lain supaya tidak terlalu sering melakukan pengereman dan dapat membuat umur rem menjadi tidak awet.

Pada saat melakukan pengereman secara terus-menerus akan mengakibatkan kampas rem mudah terbakar dan pastinya rem menjadi tidak pakem. Dan selalu gunakan kampas rem berkualitas supaya tidak mudah aus.

Nah itu tadi 3 cara merawat kampas rem motor, agar kampas rem tidak mudah habis. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *