Ini Kelebihan Dan Kekurangan Honda Vario 125 – Moladin

1 min read


Jika kamu sedang ingin meminang Honda Vario 125, kamu pantas untuk melihat ulasan kelebihan dan kekurangan Honda Vario 125 ini.

Sebagai salah satu skuter matik Honda di segmen 125 cc, Honda Vario 125 sangat pantas bagi kamu yang sedang mencari skuter matik kelas entry level.

Honda Vario pada mulanya hadir dengan mesin 110 cc, kala itu mesinnya masih sama dengan yang digunakan oleh Honda BeAT. Honda Vario 125 sendiri diperkenalkan pertama kali oleh PT Astra Honda Motor pada sekitar tahun 2013.

Sekarang sudah masuk generasi terbarunya, meluncur sejak 2018 dan masih dipasarkan hinga sekarang. Untuk kamu yang sedang ingin meminang skuter matik Vario 125 ini, kamu harus tahu dulu apa saja yang jadi kelebihan dan kekurangan Honda Vario 125.

Kelebihan Vario 125

Honda Vario 125 irit BBM

Dalam membahas kelebihan dan kekurangan Honda Vario 125, kami akan beberkan keunggulannya lebih dulu. Motor ini punya desain yang dinamis dan berkesan mewah. Dengan garis-garis tajam di bagian bodinya serta model lampu sipit, skuter matik andalah Honda ini juga terlihat sporty.

Honda Vario 125 dibekali dengan mesin 4 langkah, SOHC, eSP, berpendingin cairan. Diameter pistonnya 52,4 mm dan langkahnya 57,9 mm, menghasilkan tenaga maksimum mencapai 10,9 hp pada 8.500 rpm dan torsi maksimum hingga 10,8 Nm pada 5.000 rpm.

Jika dibandingkan dengan Yamaha Freego, Honda Vario 125 jelas lebih unggul untuk urusan spesifikasi mesin. Freego punya tenaga 9,3 hp di 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm pada 5.500 rpm.

Menilik pada sisi fitur yang dihadirkan, Vario 125 dilengkapi dengan panel meter full digital, sistem pencahayaan LED (lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein), idling stop system, anti theft alarm, answer back system, bagasi yang luas, ban depan dan ban belakang tipe tubeless.

Skuter matik ini juga dibekali dengan fitur Idling Stop System (ISS). Dengan fitur ini, mesin motor akan mati secara otomatis jika didiamkan selama tiga detik. Fitur ini jelas membuat Vario 125 sangat irit untuk urusan konsumsi bahan bakar.

Untuk membawa barang bawaan kamu, kompartemen di balik jok Honda Vario 125 sangat luas dengan daya tampung 18 liter. Bagasi ini juga diklaim dapat menampung satu unit helm model full face atau half face.

Kekurangan Vario 125

Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 125
Honda Vario 125 belum menggunakan keyless

Meski hadir dengan berbagai kelebihan pada sektor mesin dan fitur, nyatanya ada beberapa hal yang jadi kekurangan dari motor ini.

Kekurangan pertama, bisa kita lihat pada sisi kunci kontaknya. Belum menggunakan kunci kontak model keyless seperti yang digunakan oleh Honda Scoopy terbaru, Vario 125 masih mengadopsi sistem kunci model secure key shutter atau kunci kontak dengan pengamanan magnet. Meski demikian Honda telah membekali pengamanan Anti Theft Alarm pada skuter matik ini.

Pada sisi pengereman, belum ada varian Vario 125 yang menggunakan Anti Lock Braking System (ABS). Vario 125 hadir dengan mengandalkan sistem pengereman Combi Brake System (CBS)

Untuk kamu yang sangat eksis bersosial media, Honda Vario 125 belum menyediakan power outlet sehingga kamu perlu bawa power bank untuk mengisi daya smartphone kamu.

Itu tadi kelebihan dan kekurangan Honda Vario 125. Sebagai informasi tambahan, skuter matik Honda satu ini dijual dengan banderol harga Rp 21 jutaan OTR DKI Jakarta.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *