Cara Bikin Terang Lampu Motor Arus AC, Ini Tipsnya!

2 min read


Bagi kamu yang memiliki motor dengan sistem kelistrikan AC dan merasa lampunya kurang terang, maka wajib baca tulisan ini. Di sini kami bakal memberi tips cara bikin terang lampu motor arus AC.

Sebelum membahasnya lebih lanjut, kamu perlu tahu dulu apa yang dimaksud dengan arus AC pada sebuah motor.

Arus AC bisa kita temui pada sepeda motor jenis bebek atau motor lansiran tahun lama. Pada motor yang menggunakan kelistrikan AC, energi listrik pada lampu depan akan disuplai langsung oleh spul.

Spul tersebut digerakkan oleh poros engkol dan seberapa besar arus yang diperlukan akan dikontrol oleh kiprok, agar bohlam tidak putus.

Selain itu, lampu depan yang menggunakan kelistrikan AC baru bisa menyala jika mesin telah dihidupkan. Besar kecilnya arus kelistrikan sangat bergantung pada putaran mesin motor.

Jika mesin berputar tidak cepat, maka lampu bagian depan akan meredup dan bahkan mati. Begitupun sebaliknya, jika mesin mengalami putaran, maka cahaya lampu akan terang.

Oleh karena itu, pada sistem kelistrikan AC, saat mesin dalam kondisi langsam, cahaya pada lampu cenderung akan meredup. Lampu akan kembali terang setelah mesin kembali diputar di atas putaran 2.000 rpm.

Kelebihan dan kekurangan Arus AC di Motor

Pada arus AC, sistem kelistrikan motor disuplai oleh spul. Sementara DC langsung dari Aki

Disampaikan oleh Haris Setiawan penggawa dari HRS Motor menyampaikan bahwa, meski sistem AC ini terbilang kurang kekinian tapi punya beberapa kelebihan dibandingkan arus kelistrikan motor DC.

“Arus kelistrikan AC memiliki beberapa kelebihan dibandingkan arus DC. Kelebihan tersebut diantaranya adalah, umur aki yang dimiliki motor akan lebih panjang dan tidak mudah soak,” ujar pria yang akrab disapa Viray ini.

Dijelaskan juga oleh Viray, hal ini disebabkan karena aki hanya dibebankan sistem starter saja. Aki baru akan mengeluarkan arus listrik ketika starter ditekan.

Setelah itu, energi listrik yang dihasilkan baru bisa digunakan, termasuk untuk menyalakan lampu depan kendaraan.

Pada arus AC, lampu motor bagian depan hanya bisa menyala ketika dibutuhkan saja dengan menyalakan tombol saklarnya.

Jadi, ketika tidak dibutuhkan lampu tersebut tidak perlu dinyalakan. Selain itu, pengendara motor bisa mengubah tegangannya dengan menaikkan atau menurunkannya.

Hanya saja, untuk motor yang masih menganut sistem arus kelistrikan AC pengguna motor kerap mengeluhkan sinar lampu jadi kurang terang. Jelas, hal ini sangat menggangu pandangan pengendara utamanya kala berkendara di malam hari.

“Jadi, untuk motor dengan arus kelistrikan AC ini banyak banget yang mengeluhkan sinar lampu kurang terang. Sebenarnya memang dipengaruhi oleh besar kecilnya putaran gas motor. Ya bisa jadi pas putarannya rendah jadi sinar lampu kurang atau redup,” papar Viray.

Turunkan Watt Bohlam Bisa Bikin Lampu Motor Lebih Terang 

cara bikin terang lampu motor arus AC
Ganti bohlam dengan watt lebih kecil, salah satu cara bikin terang lampu motor arus AC

Cara bikin terang lampu motor untuk arus kelistrikan AC memang tidak mudah. Disampaikan oleh Viray, karena sinar lampu memang sangat bergantung pada putaran dari mesin motor.

“Enggak gampang emang, kaya tadi saya bilang emang sinar lampu bergantung sama putaran mesin motor itu sendiri,” papar Viray.

Meski demikian, Viray menyampaikan ada beberapa solusi yang bisa kamu ikuti jika kamu ingin sinar lampu motor kamu lebih terang.

Cara pertama adalah dengan menurunkan kapasitas watt bohlam lampu utama motor. Umumnya cara ini bisa membantu supaya sinar lampu jadi sedikit lebih terang dari sebelumnya.

“Biasanya sih, kalau lampu bohlam bawaan pakai daya 25 watt/12 volt maka kita Bisa menggantinya dengan yang lebih rendah yakni lampu yang berukuran 15/10 watt dengan voltase 12 volt. Kalau bisa juga, pakai lampu bohlam yang warnanya agak kebiruan biar ada pantulan yang lebih bagus cahayanya,” tukas Viray.

Pakai Relay Jadi Cara Bikin Terang Lampu Motor Arus AC

Cara Bikin Terang Lampu Motor Arus AC
Relay berfungsi membantu memperkuat arus listrik

Dikatakan oleh Viray kamu juga bisa mengakalinya dengan rangkaian kelistrikan dengan bantuan komponen yang bernama relay. Itu merupakan salah satu cara bikin terang lampu motor arus AC.

Rangkaian kelistrikan ini akan membantu suplai kelistrikan untuk lampu utama langsung dari aki motor. Dengan bantuan relay, arus listrik bakal diperkuat untuk kebutuhan lampu.

“Jadi kita bisa modifikasi pakai rangkaian kelistrikan relay. Rangkaian ini bisa membantu memasok supply kebutuhan listrik untuk bagian lampu utama. Di mana, daya dari aki, langsung diteruskan melalui rangkaian dibantu dengan relay untuk memaksimalkan kebutuhan listrik di bagian lampu utama motor,” jelas Viray.

Selain solusi yang dianggap paling mudah diatas, cara terakhir yang disarankan oleh Viray sebagai cara bikin terang lampu motor arus AC  adalah merubah sistem kelistrikan. Dari AC menjadi DC.

“Ya mau gimana lagi, arus kelistrikan AC memang agak susah kalau mau dapat penerangan yang terang dan stabil. Cara terakhir ya ganti sistem arus kelistrikannya,” pungkas Viray.

Itulah tadi bahasan lengkap soal cara bikin terang lampu motor arus AC, tertarik mencoba? Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *