Harley-Davidson Sportster 300, Calon Motor Paling Murah

1 min read


Akhirnya kabar pabrikan motor asal Amerika bakal menghadirkan Harley-Davidson Sportster 300 semakin jelas. Gosip mengenai kemunculan motor dengan mesin kecil ini sesungguhnya sudah mencuat dari tahun lalu.

Melansir dari Rideapart, desain yang bakal digunakan adalah cruiser dan dinamakan Sporster 300. Kuda besi ini dikembangkan bersama pabrikan sepeda motor Cina, Qianjiang Motor (QJ Motor).

Kehadirannya semakin dekat, lantaran QJ Motor mendaftarkan tipe untuk SRV300. Secara tampilan sungguh mirip Harley-Davidson, lantaran bergaya motor cruiser. Lalu yang menarik adalah mengusung mesin V-Twin.

Meskipun motor ini memakai merek QJ, namun banyak media meyakini QJ SRV 300 akan menjadi basis bagi Harley-Davidson Sportster 300. Jika benar, maka Sportster 300 merupakan motor dengan kubikasi mesin paling kecil di lini produk Harley-Davidson

Tujuan merek motor gede asal Amerika membuat Sportster 300, tidak lain adalah memperlebar sayap. Mereka mau menjangkau pasar entry level, terutama untuk pasar Asia.

QJ SRV 300 ini sangat menarik karena secara keseluruhan terlihat banyak mengambil inspirasi dari beberapa motor besar Harley Davidson. Sebut saja Sportster Iron 883, dan Street 750.

Disinyalir mesin V-Twin milik SRV300 bakal bisa mengeluarkan daya setara dengan 30 tenaga kuda yang mana tergolong sangat bertenaga untuk orang-orang di Asia. Pasar timur, memang dipandang sebagai tempat yang baik bagi Harley Davidson untuk meningkatkan volume penjualannya.

Informasi ini sekaligus menjelaskan bahwa, Harley-Davidson ada kemungkinan meluncurkan beberapa produk motor dengan mesin 300 cc. Sebelumnya mereka disinyalir siap menghadirkan produk bergaya roadster dengan kode HD 338 yang pakai basis Benelli 302S.

Kisaran Harga Harley-Davidson Sportster 300 Kalau Masuk Indonesia

Inilah sosok QJ SRV 300 yang digadang-gadang akan jadi basis dari Harley-Davidson Sportster 300

Jika benar motor ini dihadirkan sebagai Harley-Davidson Sportster 300, tentunya bakalan menarik. Sebab, masyarakat jadi bisa semakin mudah kalau ingin memiliki Harley-Davidson.

Tidak perlu lagi uang yang terlalu banyak, karena dengan kapasitas mesin kecil biasa identik dengan banderol murah. Hanya saja seberapa murah harga motor ini nantinya kalau masuk Indonesia.

Dengan kapasitas mesin 300 cc, tentu jangan berharap banyak. Umumnya harga motor seperti itu ada di kisaran Rp 90 juta. Tidak percaya? Cek saja Royal Enfield Meteor 350.

Kenapa mahal? Salah satu alasannya, motor dengan kubikasi 250 cc ke atas kena pajak barang mewah yang cukup tinggi. Lain cerita kalau Harley-Davidson Sportster 300 masuk Indonesia dengan mesin 250 cc. Maka banderolnya bisa lebih terjangkau.

Lihat saja Keeway 250 yang juga pakai mesin V-Twin, harganya cuma Rp 57 jutaan. Ada pula SM Sport V16 yang dikisaran Rp 50 juta. Benelli Patagonian Eagle 250 EFI bahkan lebih murah lagi, tapi meisnnya cuma dua silinder segaris, bukan V-Twin. Harga motor Benelli itu cuma Rp 45 jutaan.

Jadi janganlah berharap terlalu banyak dengan harga Harley-Davidson Sportster 300 yang jadi sangat murah, terlebih kalau masuk Indonesia nanti. Ya, siapkan kocek kurang lebih Rp 100 juta. Itu merupakan harga yang kira-kira pantas.

Untuk informasi lebih lengkap tentang dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *