Bagaimana Cara Mengecat Body Motor? Ini 4 Langkahnya!

2 min read


Untuk kamu yang sedang bingung ingin mengecat body motor, berikut kami ulas cara mengecat body motor yang benar.

Ketika body motor sudah kusam atau tergores akibat tersangkut benda atau terjatuh, solusi terbaik adalah mengecat ulang atau repaint body motor.

Untuk mengecat body motor, kamu harus mendatangi bengkel yang menangani khusus pengecatan body motor. Untuk mengecat ulang body motor di bengkel cat motor, biasanya kamu akan dikenakan biaya dengan kisaran Rp 700.000 sampai dengan Rp 1.000.000 untuk motor jenis bebek atau skuter matik.

Sementara, untuk motor jenis naked sport atau motor sport berfairing biaya pengecatan bisa mencapai antara Rp 1,5 juta sampai dengan Rp 3 juta.

Tentunya, jika ada permintaan kombinasi warna atau permintaan motif tertentu harga pengecatan ulang itu tentunya bisa lebih tinggi lagi.

Disampaikan oleh Wawan, Painter dari TCM kisaran harga itu merupakan harga standar. Bisa jadi, setiap bengkel cat bisa menentukan harga yang berbeda.

“Biasanya sih itu juga tergantung bahan cat atau bahan pernis yang dipakai. Jadi tiap bengkel punya patokan harga yang berbeda,”jelas Wawan.

Nah, untuk meminimalisir pengeluaran yang tidak sedikit untuk kembali menyegarkan warna body motor kamu. Tidak ada salahnya kamu melakukan pengecatan sendiri.

Untuk melakukan pengecatan body motor, disampaikan oleh Wawan, sebetulnya bisa saja dikatakan mudah. Hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait cara mengecat body motor itu.

“Ya buat ngecat body motor sih bisa dibilang gampang-gampang susah. Dibilang gampang, ya cuma nyemprot saja. Tapi harus ada teknik dan tahapannya supaya hasilnya bagus dan sesuai dengan yang diinginkan,” ujar Wawan.

Berikut adalah 4 cara mengecat body motor yang paling sederhana yang disarankan oleh Wawan:

1. Harus Siapkan Peralatan

Contoh pernis untuk body motor

Cara mengecat body motor yang pertama adalah kamu perlu menyiapkan berbagai alat dan keperluannya sebelum memulai pekerjaan pengecatan.

Bahan dan alat yang diperlukan untuk mengecat body motor adalah:

  • Dempul
  • Epoxy
  • Cat
  • Thinner
  • Pernis
  • Compound
  • Lakban kertas
  • Amplas halus

Dari bahan-bahan di atas, kamu harus benar-benar selektif memilihnya. Pastikan kamu menggunakan perlatan dan bahan yang bagus. Jangan asal murah tapi bisa memberikan dampak buruk pada hasil pengecatan.

2. Bersihkan Bagian Body Motor yang Akan di Cat

Cara Mengecat Body Motor
Bersihkan body motor yang akan di cat

Bersihkan bagian bagian body motor yang akan di cat. Lepaskan stiker yang menempel pada bagian body motor yang akan di cata dan bersihkan sisa-sisa lem yang masih menempel.

Cuci bersih body motor yang akan di cat dan amplas secara merata. Setelah dilakukan pengamplasan, cuci kembali body motor lalu keringkan.

Setelah dikeringkan, lapisi body motor yang lecet dengan menggunakan dempul. Pastikan proses pendempulan memberikan kesan rata pada bagian body motor yang akan di cat.

Untuk menutup pori-pori body motor agar kembali halus, kamu bisa menggunakan Epoxy. Cara penggunaannya yaitu campurkan epoxy dengan thinner supaya tidak terlalu dominan, kemudian masukkan ke dalam botol spray gun agar mudah disemprotkan.

3. Lakukan Pengecatan Secara Merata

cat body motor
cat body motor harus merata

Ketika body motor sudah dianggap siap untuk di cat ulang, semprotkan dahulu warna dasar. Kamu bisa menggunakan warna dasar putih atau pun silver untuk hasil repaint yang bagus.

Setelah cat dasar kering, campurkan cat warna dengan thinner, kemudian masukkan ke dalam botol spray gun. Kamu bisa mulai mengecat dengan memberi jarak semprotan sekitar 30-40 cm. Lakukanlah secara tipis-tipis tapi berulang supaya hasilnya merata.

Cara mengecat body motor di tahap ini memang tidak mudah. Perlu kesabaran dan ketelitian hingga cat benar-benar rata menempel di body. Fokus adalah kuncinya.

4. Gunakan Pernis agar Hasil Pengecatan Mengilap

pernis cat motor yang bagus
Pilih pernis yang punya merek baik dan berkualitas agar hasil akhir optimal

Setelah cat kering, kamu bisa memberikan lapisan terakhir dengan pernis. Pernis merupakan lapisan akhir dari proses pengecatan. Sebagai pelapis, pernis tidak memiliki warna alias bening.

Manfaat dari pernis adalah mengeluarkan warna asli cat jadi lebih mengilap dan melindungi warna cat motor. Hal ini bukan berarti pernis merupakan pelapis anti gores, yang dimaksudkan adalah pelapis ini akan melindungi warna cat agar lebih mengkilap dan tidak mudah pudar.

Dengan dilapisi pernis yang bagus, maka tampilan motor juga akan seperti terlihat basah atau wet look meski berada di bawah terik matahari.

Untuk hasil akhir yang bagus penyemprotan cat dan lapisan pernis tidak bisa sembarangan. Perlu teknik khusus, agar hasil dari pengecatan dan pelapisan pernis itu bisa maksimal dan sesuai dengan keinginan.

“Enggak bisa asal semprot buat ngecat dan ngelapisin saja, ada tekniknya. Biar hasilnya juga enggak belepotan atau menggelembung,” papar Wawan.

Kamu harus pastikan kalua cat motor sudah benar-benar kering sebelum melakukan pelapisan dengan pernis.

Sebagai langkah terakhir dari proses pengecatan ulang body motor, kamu juga bisa memberikan lapisan compound agar warna cat lebih mengkilap lagi.

Nah itu tadi cara mengecat body motor yang bisa kamu kerjakan sendiri di rumah. Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *